Para ahli menjelaskan cara mendeteksi tanda-tanda peringatan kanker kulit

Kanker kulit, yang didefinisikan oleh fakta bahwa itu dimulai pada kulit, lebih umum di Amerika Serikat daripada gabungan semua kanker manusia lainnya.

Awalnya, kanker kulit tidak bergejala, yang berarti bintik-bintik pada kulit tidak akan gatal atau sakit, menurut Dr. Aleksandar Sekulic, direktur rekanan untuk Pusat Pengobatan Individu Mayo di Arizona.

Ada banyak jenis kanker kulit, tetapi tiga yang paling umum termasuk karsinoma sel basal, karsinoma sel skuamosa dan melanoma.

Karsinoma sel basal adalah jenis kanker kulit yang paling umum dengan perkiraan 2 hingga 4 juta kasus di Amerika Serikat setiap tahun. Menurut Sekulic, karsinoma sel basal adalah kasus kanker kulit yang paling mudah untuk diobati dengan operasi pengangkatan.

Jenis kanker kulit yang paling umum kedua adalah karsinoma sel skuamosa, yang terjadi pada sekitar 1 juta orang di AS per tahun.

Dalam foto Rabu 27 Mei 2009 ini, Dr. Patrick Hwu, kiri, berbicara dengan pasien kankernya, Hilde Stapleton selama pemeriksaan di Pusat Kanker MD Anderson University di Texas. Stapleton telah menerima perawatan eksperimental untuk melanoma. (Foto AP / David J. Phillip)

Melanoma adalah yang paling umum dari tiga jenis tetapi muncul di lebih dari 90.000 orang di AS per tahun. Meskipun kurang umum, melanoma lebih agresif dan mematikan daripada jenis kanker kulit lainnya. Pada karsinoma sel basal dan skuamosa, kanker tidak mungkin menyebar, tetapi itu adalah fenomena umum dengan melanoma.

Melanoma dimulai dengan pola pertumbuhan horizontal sebelum bergerak ke lapisan yang lebih dalam. Menurut Dr. Hooman Khorasani, kepala Divisi Dermatologi dan Bedah Kosmetik di sistem kesehatan Mount Sinai, melanoma paling sering terjadi pada orang dewasa yang lebih tua, meskipun dalam beberapa tahun terakhir satu kelompok tertentu telah muncul berada pada risiko yang lebih tinggi untuk melanoma: wanita muda di Amerika Serikat.

Sekitar 9.000 orang meninggal setiap tahun akibat melanoma di AS, yang lebih banyak kematian daripada kanker kulit lainnya, menurut Pusat Pengendalian Penyakit.

Kanker kulit mudah diobati dengan operasi pengangkatan jika dideteksi dini, bahkan dengan melanoma.

“Deteksi dini sangat penting,” kata Khorasani. “Melanoma secara langsung berkaitan dengan kedalaman penyebaran … yang berarti semakin awal Anda menangkapnya, semakin mudah untuk mengobatinya. Semakin dalam kanker menyebar, semakin sulit untuk mengobatinya. ”

Karena pentingnya deteksi dini, Khorasani menekankan pentingnya mengunjungi dokter kulit untuk pemeriksaan kulit tahunan, terutama jika seseorang berkulit putih, memiliki bintik-bintik, mata biru, rambut pirang atau merah, atau memiliki riwayat keluarga melanoma, yang semua faktor risiko melanoma.

Selain mengunjungi dokter kulit secara teratur, penting untuk memeriksa kulit Anda sendiri setidaknya sekali sebulan dan berhati-hati dengan tahi lalat dan tanda lain yang ada di tubuh Anda. Setengah dari kasus melanoma sebenarnya dideteksi oleh pasien itu sendiri, menurut Khorasani.

Para dokter kulit biasanya menyarankan agar pasien mengawasi tanda-tanda kulit dengan menggunakan sistem “ABCDE”, yang mengingatkan pasien untuk mencari asimetri, perbatasan tidak beraturan, banyak warna, diameter besar dan evolusi di bagian tubuh manapun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *