Industri otomotif ritel bukan lagi klub anak laki-laki

Dua puluh lima tahun yang lalu, sebagian besar wanita yang bekerja di dealer mobil baru memiliki peran yang jelas dan peluang karir yang terbatas.

Mereka bekerja sebagai resepsionis dan sebagai staf pendukung, di bagian sumber daya manusia dan akuntansi. Ada beberapa penasihat layanan wanita, wiraniaga dan manajemen, tetapi itu pengecualian.

Selama 25 tahun karier saya, saya telah melihat pergeseran budaya yang sangat besar dalam otomotif ritel, dan saya telah menikmati perspektif yang unik tentang peran yang terus berkembang dari wanita dan kemajuan karir mereka.

Saya telah bekerja sebagai penasihat layanan, operator menara (mengoordinasikan lalu lintas kendaraan dan alur kerja di departemen layanan), seorang manajer bisnis dan manajer umum.

Empat belas tahun yang lalu, saya menjadi manajer umum di dealer Toyota milik keluarga. Hari ini, sebagai prinsipal dealer, saya telah proaktif tentang mempekerjakan dan mempromosikan wanita berdasarkan keterampilan dan etos kerja mereka, dan saya telah membimbing banyak wanita yang bercita-cita untuk memajukan karir mereka.

Saat ini, wanita berfungsi sebagai pelaku utama dealer, manajer umum, manajer penjualan, wiraniaga, pengendali, manajer sumber daya manusia, penasihat layanan dan bagian, serta pakar pemasaran digital. Mereka duduk di papan untuk asosiasi otomotif dan menduduki posisi kepemimpinan dengan beberapa perusahaan otomotif terbesar di dunia.

Karena semakin banyak wanita memasuki industri mobil ritel, dan maju dalam karier mereka, dua dinamika yang menarik telah terungkap.

Salah satunya adalah penerimaan (dan reaksi) di antara beberapa rekan pria yang bekerja di dealer; yang lainnya adalah penerimaan di antara beberapa pelanggan.

Sementara mayoritas pria menerima rekan wanita sebagai sederajat, beberapa tidak. Perempuan menghadapi perlawanan dan memiliki lebih banyak untuk membuktikan bekerja dengan laki-laki melakukan pekerjaan yang sama. Rasa hormat harus diterima.

Seiring waktu, ketika para wanita membuktikan bahwa mereka dapat melakukan peran seefektif rekan-rekan pria mereka, para pria itu lebih menerima.

Dinamika lainnya adalah persepsi pelanggan perempuan yang melakukan pekerjaan yang biasanya dilakukan oleh laki-laki. Ada beberapa contoh di mana pelanggan bertanya-tanya apakah penasihat atau penjual jasa perempuan memiliki pelatihan dan pengetahuan untuk melakukan pekerjaan mereka. Untungnya, ini bukan masalah lagi.

Apakah kesetaraan jender di industri mobil ritel perlu? Tidak. Kami lebih dekat untuk mencapai paritas gender dalam hal pekerjaan dan peluang untuk kemajuan bagi perempuan, tetapi kami belum ada di sana.

Apakah budaya di dealer hari ini (dalam hal menerima perempuan dalam semua peran dan peluang bagi perempuan untuk berhasil) di mana perlu? Sekali lagi, tidak.

Namun, rasio dan budaya berubah menjadi lebih baik setiap hari.

Peran saya sebagai Presiden Asosiasi Dealer Mobil Trillium memungkinkan saya untuk berbicara dengan para wanita tentang isu-isu yang mereka hadapi dalam angkatan kerja, dan untuk mempromosikan peluang karir di industri kami.

Pada International AutoShow 2018 Kanada pada bulan Februari, dan pada konferensi industri lainnya tahun ini, saya telah berbicara secara terbuka tentang keinginan saya untuk melihat lebih banyak perempuan yang bekerja di dealer, dan bercita-cita untuk posisi kepemimpinan di semua industri, dan dalam politik.

Pesan ini beresonansi dengan audiens, terutama dengan remaja dan twentysomethings, sebagaimana dibuktikan oleh popularitas program otomotif di Sekolah Bisnis Otomotif Kanada di Georgian College di Barrie, Centennial College, Durham College dan sekolah-sekolah pasca-sekolah menengah lainnya.

Jika Anda seorang mahasiswa pria atau wanita yang mencoba mencari karier, atau seseorang yang mencari perubahan karier, Anda berhutang pada diri sendiri untuk menjelajahi industri mobil ritel. Satu-satunya hal yang membatasi Anda dalam karier di otomotif adalah diri Anda sendiri. Ini adalah industri yang penuh dengan peluang.

Industri mobil ritel adalah industri yang jauh berbeda saat ini daripada ketika saya pertama kali mulai bekerja di dalamnya – ada peluang bagi pria dan wanita untuk menemukan karir yang memuaskan dan unggul dalam berbagai karir.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *